Karena semakin banyak anak-anak yang menggunakan produk perawatan kulit orang dewasa, para dokter kulit menjadi khawatir

TEMPO.CO, Jakarta – Semakin banyak anak di bawah umur yang terobsesi dengan kulit sempurna sehingga menggunakan produk yang tidak sesuai dengan usianya. Pakar kesehatan kulit semakin khawatir dengan meningkatnya jumlah pasien anak di bawah umur produk perawatan kulitsebagian besar produk perawatan kulit tidak terlalu mereka perlukan atau berbahaya bagi kulit mereka.

Dokter Kulit Dr. Brooke Jeffy mengenang pasiennya yang berusia sekitar 11 tahun dan mengalami ruam parah di sekitar matanya akibat penggunaan retinol, zat anti penuaan.

“Ruamnya berlangsung cukup lama dan intens. Mungkin butuh waktu sekitar satu bulan untuk sembuh. Itu semua karena penggunaan produk anti penuaan yang tidak diperlukannya,” kata Jeffy. Amerika Serikat Hari Ini.

Jeffy dan dokter kulit lainnya prihatin dengan budaya industri kecantikan yang mempromosikan penggunaan produk yang tidak perlu dan kekhawatiran tentang penuaan pada anak-anak.

“Mereka tidak memahami fungsi kulit dan ini bukan satu-satunya masalah yang harus Anda hadapi. Kami memerlukan nasihat dari orang tua, nasihat dari kami dan dokter lain untuk melawan industri kosmetik dan jejaring sosial yang masif ini,” tambahnya. ” dia menambahkan.

Pengaruh media sosial
Jeffy juga menuding media sosial mempengaruhi perilaku anak dalam menggunakan produk anti penuaan dan perawatan kulit. Belum lagi mereka harus bersekolah dan banyak melakukan aktivitas Zoom di masa pandemi, sehingga membuat mereka sangat peduli dengan penampilan di layar.

Periklanan

Ketika Jeffy bertanya kepada pasien mudanya mengapa mereka menggunakan produk tersebut, jawabannya adalah karena mereka dipengaruhi oleh iklan atau media sosial.

“Mereka ada di media sosial dan sangat terpapar pada pemasaran yang konstan. Perawatan kulit dan merek produk perawatan telah menjadi simbol status,” jelasnya.

READ  Bamsoet mendukung peningkatan industri bulu mata dan rambut palsu di Purbalingga

Menurut Dr. Danilo Del Campo, dokter kulit di Chicago, mengatakan banyak hal yang perlu dikhawatirkan oleh anak-anak, dan perawatan kulit bukanlah salah satunya.

“Menjadi anak-anak itu sulit, ada banyak hal yang perlu dikhawatirkan: pekerjaan rumah, sekolah, teman, keluarga, tidur. Perawatan kulit “Harus menjadi landasan perilaku sehat, bukan malah menimbulkan stres,” ujarnya.

Pilihan Editor: Pemicu Penuaan Dini yang Perlu Dipahami dan Diobati



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *